P2AL0634

TPS OPTIMIS, ARUS PETIKEMAS 2018 LAMPAUI TARGET

 

Surabaya Sampai dengan bulan September 2018, arus petikemas yang melalui TPS secara total tercatat 1.076.810 Teus naik 5,41% dari realisasi tahun 2017 pada periode yang sama. Capaian tersebut diperoleh dari arus petikemas internasional mencapai 996.153 Teus naik 4% dibanding tahun lalu pada periode yang sama dan pada petikemas domestik sebanyak 80.657 Teus naik 27% dari tahun lalu pada periode yang sama.

Dilihat dari trend dalam 3 tahun terakhir, TPS optimis sampai akhir tahun 2018 ini, arus petikemas internasional akan meningkat 2.5% dan petikemas domestik akan meningkat 42% dibanding tahun 2017.

Kahumas TPS, M. Soleh menyampaikan bahwa komposisi rata-rata untuk arus internasional adalah 52% impor dan 48% ekspor. sedangkan komposisi untuk throughput secara total sebesar 92% international dan 8% domestik.

“Dilihat dari trend 3 tahun terakhir, total arus petikemas sampai dengan akhir tahun 2018 diprediksi melonjak melampaui target 2018 sebesar 4,8%”, ungkap M. Soleh.

Berbagai upaya peningkatan pelayanan dan fasilitas dilakukan oleh TPS, mulai dari sistem yang telah berbasis online diantaranya Fastpay dan Qlique247, klasterisasi pandu, elektrifikasi alat bongkar muat dan saat ini TPS sedang dalam proses relokasi 1 unit CC yang akan memperkuat layanan di dermaga domestik.

Setelah sukses mengimplementasikan Online Booking impor sejak bulan Juli 2018, kini TPS siap meluncurkan online booking ekspor yang saat ini masih dilakukan trial sejak bulan Juli 2018.

“Nantinya online booking ekspor ini akan mulai diberlakukan per tanggal 1 November 2018”, ungkap M. Soleh.

Online booking sendiri merupakan layanan berbasis online yang disediakan oleh TPS melalui Clique247 yang tersedia di website www.tps.co.id, dimana pengguna jasa dapat melakukan pemesanan pelayanan baik ekspor maupun impor kapan saja dan dimana saja tanpa harus datang ke kantor pelayanan TPS, sehingga prosesnya pun lebih mudah, cepat dan akurat.

Hal ini merupakan salah satu inovasi yang dilakukan TPS dalam hal peningkatan pelayanan prima kepada pengguna jasa. TPS pun menyediakan beberapa komputer di konter customer service untuk mendukung uji coba online booking ini, dimana petugas customer service TPS akan memberikan tutorial secara langsung kepada para pengguna jasa tentang cara pengoperasian online booking.

Sebelumnya, Kamis (4/10), TPS juga telah memberikan sosialisasi sekaligus sharing session kepada pengguna jasa terkait penerapan online booking ini. Acara ini diselenggarakan di Hotel Aria Surabaya dan dihadiri oleh kurang lebih 22 perusahaan pelayaran. “Melalui acara sosialisasi ini, kami ingin merespon dan menjawab semua pertanyaan serta keluhan customer selama trial dan penerapan online booking ini”, ungkap Soleh.

 

 1

Analisa Trend Throughput Internasional periode 2015 s.d 2018

 

 2

Analisa Trend Throughput Domestik periode 2015 s.d 2018